Posted on Leave a comment

5 Tips Belanja Hemat di Akhir Bulan

tips belanja hemat akhir bulan

Photo by Emil Kalibradov on Unsplash

Belanja tenang di akhir bulan dengan 5 tips belanja hemat dari Qebunku!


Bunda lagi pusing karena persediaan di dapur udah mulai menipis di akhir bulan? Mau belanja tapi baru ingat kalu masih tanggal tua? Duh, ampun deh bingung! Kira-kira harus gimana ya biar bisa tenang belanja di akhir bulan tanpa harus khawatir isi dompet yang mulai mengering?

Tenang-tenang bunda! Hari ini Qebunku bakal kasih tips belanja hemat di akhir bulan, supaya bunda di rumah bisa sedikit lebih tenang nggak panik karena kondisi dompet yang udah mulai mengering. Yuk simak tips belanja hemat di akhir bulan ini, siapkan catatan ya, bunda!

Selalu buat anggaran bulanan

Hal pertama yang harus bunda lakukan adalah selalu membuat anggaran belanja bulanan. Ini adalah salah satu tips penting untuk mengatur keuangan bunda setiap saat. Penting untuk bunda selalu mencatat pemasukan dari gaji atau pemasukan lainnya untuk dibuat anggaran belanja selama satu bulan.

Nah bunda bisa membuat anggaran belanja bulanan ini dengan sistem mingguan juga loh. Jadi bunda bisa memperkirakan akan memerlukan berapa besar yang harus keluar setiap minggunya untuk belanja. Memang harus dibiasakan nih bun!

baca juga artikel pilihan Qebunku!

Mengutamakan belanja kebutuhan primer

Nah setelah membuat anggaran belanja bulanan atau mingguan, tips selanjutnya adalah bunda harus memperhitungkan anggaran tersebut untuk belanja kebutuhan primer terlebih dahulu.

Jangan sampai bunda malah belanja bibit monstera, padahal beras di dapur udah mulai habis!

Atur frekuensi makan di luar

Tips ketiga ini berlaku banget untuk para bunda dan pembaca setia Qebunku yang punya hobi makan di luar. Emang sih makan di restoran atau tempat makan lainnya terkesan lebih lezat dan nyaman. Tapi bunda harus tau juga kalau terlalu sering makan di luar justru membuat kantong dan dompet semakin kering.

Nah untuk meminimalisir kebiasaan makan di restoran atau tempat makan lainnya, bunda bisa lebih sering belanja kebutuhan sehari-hari di pasar dan masak di rumah aja. Apalagi masih pandemi gini kan? Paling aman di rumah aja deh!

Cari promo dan diskon!

Tips keempat adalah tips terpenting dalam menghemat isi dompet. Bunda bisa memanfaatkan promo dan diskon untuk belanja kebutuhan bulanan. Contohnya memanfaatkan promo dan diskon yang ada di Qebunku untuk belanja kebutuhan sehari-hari, dijamin deh bunda akan lebih irit lagi!

Dirumah aja!

Terakhir nih bunda, untuk menghemat kondisi keuangan agar bisa bertahan di akhir bulan. Alangkah baiknya bunda berada di rumah aja. Alias cari hiburan gratis dengan tetap beraktivitas dari rumah. Sekarang ini udah banyak loh aktivitas yang bisa bunda lakukan, seperti streaming drama korea, sampai olahraga di rumah bermodalkan YouTube!

Nah itu udah bunda 5 Tips belanja hemat di akhir bulan supaya bunda bisa belanja dengan tenang tanpa harus khawatir. Gimana, bunda punya tips lainnya nggak? Coba komen di bawah ya!

Penulis : D. Raditya

Editor : Danna Cynthia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *