Posted on Leave a comment

Alasan Kamu harus Mengkonsumsi Buah dan Sayur

Sayur segar qebunku
jenis sayuran/qebunku.com

“Kamu makannya apa? Tempe. 

Saya Juru Masaknya. Oke….

Sayurnya pilih aja. Semua ada di meja

Ada sayur bayem, ada tempe bacem. Awas pedas sambelnya”

Bunda-bunda yang lahir tahun 90an pasti akrab dengan lagu di atas. Lagu yang jadi legendaris kala itu. Bukan sekedar lagu, tapi lagu itu nampak bisa membangkitkan selera anak-anak kala itu untuk mengkonsumsi sayur dan tempe. 

Meski lagu Du di dam tak lagi sering kita dengar, namun mengkonsumsi sayur dan buah harus tetap kita lakukan sampai kapanpun. Nah kalo dulu ada lagu yang buat kita mau mengkonsumsi sayur saat ini Qebunku akan beberkan beberapa alasan kenapa kita harus mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. 

Buah dan sayur adalah sumber vitamin, serat, mineral dan senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh seperti antioksidan salah satunya. Beberapa orang yang gemar mengkonsumsi sayur dan buah setiap harinya secara umum memiliki resiko rendah untuk penderita diabetes, obesitas, penyakit jantung, stroke dan berbagai jenis kanker. Selain itu mengkonsumsi sayur disertai kacang-kacangan dan daging rendah lemak, merupakan salah satu pola diet yang aman.

Lebih lengkap manfaat sayur dan buah akan kita ulas dalam 3 Point berikut ini

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah dan sayur terkenal banyak memiliki sumber vitamin dan mineral. Salah satu manfaat dari vitamin dan mineral antara lain adalah untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Sebagai sumber kalsium

Kalsium adalah jenis mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan. Kalsium akan memperkuat tulang seseorang hingga sekitar usia 25 tahun.  Setelah itu kalsium memiliki fungsi untuk menjaga atau memperlambat hilangnya kepadatan tulang atau osteoporosis. 

Nah tidak diragukan lagi betapa pentingnya kalsium dalam tubuh kan. Untuk mendapatkan kalsium secara alami salah satunya tentu dengan rajin mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari. Beberapa buah dan sayur yang terkenal memiliki kandungan kalsium antara lain, bayam, jeruk, alpukat dll

Menurunkan kolesterol dan memperlancar pencernaan

Buah dan sayur mengandung serat alami yang mudah dicerna tubuh. Karena mudah menyerap air, serat ini dapat membantu meringankan atau mencegah konstipasi, karena mendorong keinginan buang air besar dan akhirnya buang air besar bisa lebih lancar dan rutin. 

Bukan hanya itu saja bund, serat yang terkandung dalam buah dan sayur selain melancarkan pencernaan juga bisa menurunkan kolesterol dan membuat kenyang. 

Terakhir, pasti muncul pertanyaan, berapa banyak kita harus mengkonsumsi buah dan sayur setiap harinya. Rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia WHO yang qebunku kutip dari krakataumedia.com, secara umum menganjurkan konsumsi buah dan sayur untuk hidup sehat adalah sejumlah 400 g per orang setiap harinya. Terdiri dari  250 gram sayur (Setara dengan 2 ½  porsi atau 2 ½  gelas sayur setelah dimasak dan ditiriskan) dan 150 gram  buah (Setara  dengan 3 buah pisang ambon ukuran sedang  atau 1 ½ potong pepaya ukuran sedang atau 3 buah jeruk ukuran sedang)

Nah itu tadi bunda, manfaat mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari. Kalau sudah tahu banyak manfaat yang bisa kita dapat dan berapa jumlah konsumsi sayur dan buah setiap harinya jangan lupa bunda untuk selalu mengkonsumsi sayur dan buah ya agar badan tetap sehat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *