Posted on Leave a comment

Cermat Mengatur Keuangan, Dengan Tips Belanja Hemat

belanja qebunku
Source : Ilustrasi belanja qebunku. Qebunku.com

Akhir bulan merupakan momok buat semua bunda-bunda ya kan (Termasuk penulis juga sih ~nangis~). Kenapa akhir bulan terlihat momok, lebih sering akhir bulan kebanyakan dari kita mengalami gejala KANKER aka Kantong Kering. 

Nah, agar akhir bulan tidak lagi menyeramkan, kali ini Qebunku akan berbagi tips belanja hemat. Kalo bunda-bunda bisa menghemat dari awal bulan, auto deh akhir bulan masih mesem-mesem syukur-syukur ada sisa untuk bisa di tabung. Oke cuss kita bahas tips belanja hemat kali ini. 

Buat Daftar Belanja

Awal bulan datang, gaji datang, saatnya untuk belanja bulanan. Biasanya belanja bulanan ini punya tujuan agar bisa berhemat selama satu bulan. Meski nampak pengeluaran langsung besar di awal, namun semua belanja bulanan itu akan cukup untuk memenuhi semua kebutuhan selama satu bulan. 

Tapi kok moment belanja bulanan justru menghabiskan jatah gaji di awal ya? Nah agar hal tersebut tidak terjadi, pastikan sebelum bunda berangkat belanja bunda catat terlebih dahulu semua kebutuhan yang akan dibeli. Lalu saat di pasar/supermarket pastikan fokus, sekali lagi fokus ya bund pada semua list yang ada di catatan. Jangan sampai masukin keranjang barang-barang yang sebenarnya belum sangat kita butuhkan. 

Stock Bumbu 

Bunda sering nonton drama korea. Nah pasti gak asing sama adegan-adegan ketika ada salah satu tokohnya di bawakan masakan sama eomeoni nya kan. Masakan-masakan tersebut biasanya di tempatkan di wadah-wadah, supaya nanti ketika menyantap tinggal di panaskan.

Nah di Bali pun sama, beberapa masyarakat bali biasanya menyiapkan stock bumbu-bumbu masakan yang nantinya ketika mereka mau masak, tinggal di gunakan. Trik ini mungkin bisa bunda praktekan di rumah. Sehingga bukan hanya dapat nilai praktisnya juga bisa lebih berhemat.

Catat pengeluaran terkecil 

Perihal catat mencatat, biasanya kita sudah dibiasakan sedari dini untuk mencatat semua pengeluaran. Namun kala dewasa dan sudah bisa mendapatkan penghasilan sendiri, sering kali aktifitas catat mencatat ini kita abaikan. Nahhh siapa yang masih rutin mencatat pengeluaran tiap bulan?

Mencatat pengeluaran sebenarnya adalah hal sepele namun sangat membantu kita dalam mengatur keuangan. Ingat ya bund, bukan hanya pengeluaran besar saja, namun semua pengeluaran kecil seperti biaya parkir, tips driver dsb. 

Dengan mencatat semua pengeluaran kita baik pengeluaran besar dan kecil, akan lebih memudahkan dalam mengontrol keuangan hingga akhir bulan. Yang akhirnya kita bisa lebih jeli dan tahu, pengeluaran mana yang sebenarnya bisa kita hemat kembali atau bahkan merupakan pengeluaran yang tidak perlu. 

Manfaatkan Diskon

Ilustrasi Sale Qebunku. qebunku.com

Jangan kuatir bunda, jelang akhir bulan, meski keuangan menipis, bukan berarti bunda tidak bisa belanja kebutuhan sehari-hari. Di sinilah bakat jeli sebagai mak emak bisa bunda manfaatkan. 

Sebagai contoh saat bunda ingin belanja sayur mayur dan buah, bunda bisa perhatikan baik-baik di katalog Qebunku, ada produk-produk apa saja yang sedang diskon. Atau bunda bisa pantau terus kira-kira diskon apa yang sedang ada di Qebunku. Bunda bisa memanfaatkan kesempatan diskon tersebut untuk tetap bisa belanja kebutuhan sayur dan lauk keluarga di rumah. 

Belanja Sesuai Kebutuhan 

Tips belanja hemat akhir bulan yang terakhir adalah, biasakan belanja sesuai kebutuhan saja. Apakah mungkin belanja sayu hanya sesuai kebutuhan saja? Tentu bisa bunda. Qebunku menyediakan paket-paket serba Rp 5.000 sesuai kebutuhan bunda. 

Contohnya nih, saat harga bawang merah melambung, bunda bisa ambil paket hemat Rp 5.000 untuk beli bawang merah, sehingga belanjaan bunda tidak akan sia-sia cukup sesuai kebutuhan bunda saja. 

Apa saja paket serba Rp 5.000 ini? Silahkan cek katalog di website Qebunku.com atau di instagram @qebunku.official.

Nah itu tadi beberapa tips belanja hemat yang bisa Bunda terapkan. Sehingga bunda tidak akan lagi ketakutan atau pusing pala bebik ketika akhir bulan tiba. Tetap tenang, tetap stay cool, dan stay strong ya bundd. Semoga bermanfaat.

Penulis : Danna Cynthia

Editor : D.Raditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *