Posted on Leave a comment

Memilih Telur Ayam Fresh dengan Cara Sederhana

cara memilih telur ayam yang fresh

Begini caranya memilih telur ayam fresh dengan mudah dan sederhana supaya kamu nggak salah pilih telur ayam lagi, Bunda!

Bunda pasti sering dong menggunakan telur ayam untuk digunakan dalam masakan sehari-hari. Bunda tau nggak sih sih kalau telur ayam memang memiliki banyak manfaat di dalamnya. Manfaat telur ayam ini antara lain adalah untuk membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan mata, menjaga stamina, dan kesehatan tubuh. Wuihh banyak banget kan manfaat telur ayam ini, bunda?

Telur ayam memang terkenal bukan hanya dari manfaatnya ketika mengkonsumsi telur. Tapi dari segi cara memasaknya, telur ayam juga bisa dimanfaatkan dengan banyak cara. Sebagai bahan membuat adonan roti, di konsumsi langsung, ataupun diolah ke berbagai masakan.

Namun seringkali nih, ketika bunda akan berbelanja telur ayam baik di pasar maupun supermarket, bunda bingung bagaimana cara memilih telur ayam yang fresh? Nah, Qebunku hari ini akan memberikan sedikit tips nih tentang bagaimana cara memilih telur ayam yang fresh.

  1. Pilih Telur Ayam Berdasarkan Warna

Tips pertama memilih telur ayam adalah dengan melihat warna dari telur. Ada baiknya bunda memilih telur ayam yang berwarna pekat dan cerah. Warna pekat dan cerah pada cangkang telur menandakan bahwa telur ayam tersebut masih fresh dan segar. 

Biasanya ada beberapa telur ayam yang memiliki warna pucat dan bahkan terdapat bintik-bintik. Hal seperti ini perlu bunda perhatikan dengan seksama karena ada beberapa kualitas telur ayam yang tidak begitu baik. 

Jika bunda menemukan telur ayam yang berwarna kusam dan keruh, hal tersebut bisa menandakan bahwa telur ayam tersebut sudah cukup lama sehingga ada pertumbuhan jamur di dalam kuning telur ayam. 

  1. Perhatikan Ukuran Telur Ayam

Kesalahan beberapa orang ketika memilih telur ayam adalah, mereka memilih telur ayam yang berukuran besar dengan harapan telur ayam tersebut juga memiliki kuning telur ayam yang besar. Namun, perlu bunda ketahui bahwa ketika memilih telur ayam ayam, ukuran telur ayam tidak menjamin kualitas telur tersebut. 

Jika bunda sedang memilih telur ayam untuk dikonsumsi ada baiknya Bunda memilih telur ayam yang berukuran normal saja. Jika bunda memilih telur ayam yang berukuran kecil, bisa jadi telur ayam tersebut berasal dari ayam yang masih muda dan tentu saja ukuran kuningnya masih kecil.

  1. Mencium Aroma Telur Ayam
Telur ayam
from Hobby Farms

Tips terakhir untuk memilih telur ayam adalah dengan cara mencium aroma telur ayam . Pasti bunda bertanya-tanya kan, bagaimana cara mencium aroma cangkang telur ayam yang rapat? Eitsss, meski telur ayam memiliki cangkang yang kuat, namun aroma telur ayam busuk tetap bisa tercium lhoo bunda. 

Sehingga ketika bunda sedang memilih telur ayam, bunda cukup dekatkan telur ayam tersebut ke hidung, untuk mencium aroma dari telur ayam. Bila bunda mencium aroma busuk, maka bisa dipastikan telur tersebut sudah busuk dan tidak layak untuk di konsumsi.

Nah itu tadi adalah beberapa tips cara memilih telur ayam yang Qebunku berikan kali ini. Jika bunda masih bingung saat memilih telur ayam, bunda bisa langsung pesan telur ayam di Qebunku. Telur ayam yang akan kami kirimkan ke bunda, pasti dijamin fresh dan merupakan kualitas terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *