Posted on Leave a comment

Daun Arugula : Sayuran Mediterania yang Memiliki Banyak Manfaat

Daun Arugula adalah sayuran asal mediteranis yang memiliki rasa yang kuat dan sedikit pedas. Namun rasanya cukup ringan saat masih muda.

Daun arugula yang nemiliki banyak manfat ini berasal dari Mediterania ini memang belum banyak di kenal. Meskipun begitu daun arugula ini memiliki banyak kandungan gizi yang hampir sama seperti brokoli, kembang kol, dan kubis.

Untuk lebih mengenal Daun Arugula ini mari kita bahas kandungan apa saja yang terkandung dalam daun arugula. Daun arugula mengandung banyak vitamin dan mineral diantaranya vitamin C, vitamin A, vitamin E, vitamin K, asam folat, kalium hingga fosfor sehingga memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

Nah, mari kita mengenal manfaat daun aragula sayuran mediterania ini untuk kesehatan.

Melawan Kanker

Dari laman hellosehat.com menyebutkan daun Arugula ini memiliki kandungan sulforaphane yang dapat menghalangi pertumbuhan enzim histone deacetylase (HDAC) yang diketahui dapat memicu pertumbuhan kanker. daun yang berasal dari mediterania ini memiliki zat sulforaphane yang dapat memicu sel kanker untuk menghancurkan diri. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan bahwa daun arugula memiliki kemampuan lebih besar untuk melawan kanker di banding sayur lainnya seperti selada dan kubis. Jadi salah satu manfaat daun asal mediterania ini bisa untuk melawan kanker.

Membantu Tumbuh Kembang Janin

Daun Arugula juga memiliki banyak mafaat untuk tumbuh kembang janin. Memiliki kandungan folat dan vitamin B yang terkandung dalam daun arugula terbukti dapat membantu pertumbuhan janin. Membantu meningkatkan pertumbuhan DNA dan materi genetik pada bayi. So, bunda bisa mengkonsumsi sayuran asal mediterania ini untuk membantu tumbuh kembang janin.

Menjaga Kesehatan Tulang

Bukan hanya membantu perkembangan janin dan sebagai tanaman anti kanker, manfaat lain dari daun arugula adalah untuk menjaga kesehatan tulang. Karena mengandung vitamin K dan kalsium yang tinggi, maka daun ini bisa menjaga kesehatan tulang dan menjaganya tetap kuat.

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun Arugula memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini berasal dari kandungan vitamin C dan vitamin K yang ada di dalamnya. Sebuah studi yang dirilis oleh Journal of the American College of Nutrition seperti yang dimuat di HealWithFood, menyatakan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen vitamin C setiap hari menunjukkan penurunan pada protein C-reaktif, atau protein yang dihasilkan oleh hati jika tubuh mengalami infeksi sebanyak 24%.

Mencegah Penuaan Dini

Selain kaya vitamin daun arugula juga terkenal memiliki antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas dari polusi atau paparan sinar matahari. Kemudian vitamin A dan vitamin C dapat merangsang pembentukan kolagen yang bisa menjaga kulit tetap sehat dan kenyal. Jadi bukan hanya untuk kesehatan namun daun arugula dari mediterania ini juga memiliki manfaat untuk kecantikan kan bun.

Mencegah dan Mengobati Peradangan pada Kulit

Sebuah studi tahun 2009, menyebutkan bahwa ekstrak biji arugula diketahui mengandung senyawa organosulfur yang bersifat anti kanker dan anti radang. Senyawa yang bersifat anti radang ini dapat mencegah eksim. Selain itu, kandungan methylthiobutylisothiocyanate juga bisa menekan pertumbuhan keratinosit (zat penyusun rambut, kulit dan kuku) sehingga dapat mengobati psoriasis.

Nah itulah manfaat daun arugula. Arugula ini sudah lama populer di Eropa, bahkan sejak jama romawi kuno. Selain sebagai bahan makanan juga dipercaya memiliki sifat afrodiasik. Daun arugula sendiri bentuknya mirip dengan dandelion, jadi jangan sampai keliru ya bunda. 

Nah setelah bunda mengenal daun arugula yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, ada manfaat lain saat bunda merawat daun arugula. Karena rasanya yang pedas dan cukup kuat, merawat daun arugula bisa membuat tanaman tahan terhadap hama. Tanaman ini tahan kering atau curah hujan rendah, sehingga tidak heran di budidayakan di wilayah Asian Barat, India dan Pakistan.

Penulis : Danna Cynthia

Editor : D. Raditya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *