Posted on Leave a comment

Makanan Yang Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Masa pertumbuhan anak-anak menjadi masa yang paling penting bagi semua orang tua. Seperti dilansir dari laman nutriclub, masa tumbuh kembang anak dibagi menjadi dua. Tumbuh (Growth) merupakan perubahan fisik yang dapat diukur, kembang (development) adalah pertambahan struktur dan fungsi tubuh yang komplek. 

Untuk mendukung masa tumbuh kembang anak, makanan tentunya menjadi salah satu hal yang penting. Apa saja makanan yang baik untuk tumbuh kembang anak?

Kali ini Qebunku akan membahas makanan apa saja yang baik untuk tumbuh kembang anak. 

Susu

Seperti dilansir dari lama halodoc, bahwa selama masa pertumbuhan, anak memerlukan gizi dan energi yang lebih banyak dari orang dewasa. Itu sebabnya penting untuk menyiapkan makanan yang mendukung tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah Susu. 

Khasiat susu memang dikenal bisa membantu tumbuh kembang anak terutama untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Hal ini karena susu kaya akan kandungan kalsium dan fosfor yang mampu membantu membangun tulang dan otot. 

Telur

Makanan yang dapat membantu tumbuh kembang anak lainnya adalah telur. Kandungan Kolin pada telur dapat membantu memberikan nutrisi penting yang membantu perkembangan otak.

Selain kandungan kolin untuk membantu perkembangan otak, telur juga memiliki kandungan protein yang baik. Mengolah telur juga sangat mudah dan bisa di variasi dalam beberapa menu pilihan. 

Ikan

Sumber protein lainnya yang dapat membantu tumbuh kembang anak bisa bunda dapatkan dari ikan. Protein yang terkandung dalam ikan juga bisa membantu membangun otot dan tulang yang sehat untuk si kecil. 

Selain itu, beberapa ikan seperti ikan salmon, tuna dan sarden, juga memiliki kandungan omega-3 yang tinggi yang tentunya bisa mendukung perkembangan otak, mata dan saraf.

Buah dan Sayuran

Sudah banyak orang tahu bahwa dalam buah dan sayuran terdapat banyak sekali vitamin yang bisa bermanfaat untuk tubuh. Beberapa sayuran seperti brokoli, wortel, labu, ubi jalar, tomat dan pepaya memiliki kandungan karoten dan karotenoid yang dapat menjadi vitamin A. 

Vitamin A sangat baik untuk kulit dan penglihatan yang baik, pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh. 

Sedangkan dalam buah-buahan kaya akan vitamin C dan antioksidan yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Selain menyajikan makanan-makanan di atas, perlu juga diperhatikan porsi sajian gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak. Bagaimana cara menyajikan gizi seimbang dalam setiap porsinya. 

Dari thread akun twitter @KemenkesRI menyebutkan pedoman #IsiPiringKu, di mana paling tidak dalam satu piring terdapat karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan. 

Porsi sekali makan ialah Makanan pokok (sumber karbohidrat) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring. Lauk pauk (sumber protein) dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring. Sayur-sayuran (sumber vitamin dan mineral) dengan porsi 2/3 dari 1/2 piring dan buah-buahan dengan porsi 1/3 dari 1/2 piring.

So, tunggu apalagi bunda, demi tumbuh kembang anak yang baik, mari kita sajikan makanan-makanan yang tepat dengan gizi seimbang untuk tumbuh kembang anak. 

Penulis : Danna Cynthia

Editor : D.Raditya

NOTE : PEPAYA NANTI DI LINK KE ARTIKEL PEPAYA TANGGAL 26 MARET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *