Posted on Leave a comment

Puasa Tidak Lemas, Simak Tips Berikut ini

tips puasa tidak lemas

Photo by Brooke Cagle on Unsplash

Meski sedang menjalankan ibadah puasa, tak jarang, kita masih harus tetap beraktivitas seperti biasa. Meski aktivitas tetap berjalan, karena sedang menjalankan puasa, biasanya tubuh akan terasa lebih lemas dan tidak berenergi seperti biasa. Nah bagaimana caranya agar puasa tidak lemas, meski tetap menjalankan aktifitas. Berikut ini qebunku akan berikan tipsnya. 

Tips Agar Puasa Tidak Lemas. 

Kunci paling utama agar saat puasa tidak merasa lemas adalah dengan memilih gizi dan makanan yang tepat saat sahur maupun berbuka ya bunda. Namun ada beberapa hal juga yang harus selalu bunda perhatikan selain pilihan makanan saat sahur dan berbuka. 

Banyak Minum Air Putih

Saat puasa biasanya asupan mineral dalam tubuh akan menurun. Hal ini tentu terjadi karena selama kurun waktu kurang lebih 13 jam dalam sehari kita tidak mengkonsumsi apapun selama puasa. 

Nah karena itulah, penting untuk kita tetap bisa memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh meski sedang menjalankan ibadah puasa. Kuncinya tentu dengan banyak mengkonsumsi air putih selama waktu berbuka dan sahur. 

baca juga : Manfat minum air putih saat puasa

Kurangi makanan Asin dan Manis

Makanan manis yang dianjurkan ketika puasa adalah, makanan manis yang berasal dari buah atau jus alami. Sedangkan makanan yang berasal dari gula rafinasi atau tambahan tidak dianjurkan saat puasa apalagi ketika dikonsumsi secara berlebih. Hal ini dikarenakan, ketika kita mengkonsumsi gula secara berlebih, akan membuat kadar gula melonjak cepat dan memberatkan kerja pankreas dalam menghasilkan insulin sehingga dapat meningkatkan resiko kegemukan dan kadar gula lebih dalam darah. 

Makanan asin, juga tidak dianjurkan selama puasa. Karena ketika kita mengkonsumsi makanan terlalu asin, tubuh akan menjadi cepat haus dan menyebabkan lemas. 

Konsumsi Suplemen

Agar puasa lancar dan tidak lemas, salah satu yang bunda bisa lakukan adalah dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C. Vitamin C dapat berperan untuk meningkatkan kekebalan dalam tubuh dengan melawan peradangan. 

Bunda bisa memilih vitamin C jenis ester , yang aman dikonsumsi setiap hari. Untuk dosis konsumsi vitamin setiap harinya, untuk perempuan direkomendasikan sebesar 75 mg setiap hari sementara untuk laki-laki 90 mg setiap harinya. 

Makanan sehat saat berbuka

Setelah menjalankan ibadah puasa sehari penuh, biasanya kita akan tergoda dengan berbagai jenis makanan. Namun hal ini patut kita waspadai. 

Agar keesokan harinya puasa tetap lancar dan tidak lemas, ada baiknya bunda mengkonsumsi makanan yang bergizi. Jika bunda ingin makanan manis, kurma mungkin bisa menjadi salah satu alternatif makanan manis dan sehat. Hal ini dikarenakan kandungan gula alami pada kurma, bisa menambah energi di kala puasa. 

Selain itu jangan lupa untuk memilih menu makanan yang bernutrisi tinggi dengan kandungan karbohidrat, serat, protein, dan lemak sehat. 

Hindari makanan ini saat berbuka puasa

Nah selain kita memperhatikan beberapa hal di atas, agar puasa tidak lemas, ada juga beberapa makanan ternyata harus bunda hindari ketika dikonsumsi untuk buka puasa lhoo. 

  1. Durian

Setelah kurang lebih 13 jam menahan lapar, tentu banyak godaan makanan yang ingin kita konsumsi. Salah satunya adalah godaan untuk mengkonsumsi durian. Durian memang baik dikonsumsi karena memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. 

Namun, hindari mengkonsumsi durian saat berbuka puasa. Karena, durian memiliki kandungan gas, yang jika dikonsumsi dengan perut kosong bisa menyebabkan asam lambung naik. 

  1. Jeruk Nipis

Mengkonsumsi jeruk nipis bila dikonsumsi saat berbuka memang sangat menyegarkan. Namun hati-hati dengan rasa asam yang dihasilkan oleh jeruk nipis yang dapat mengikis lambung dan memicu naiknya asam lambung.

  1. Nangka

Sama seperti durian, meski nikmat dikonsumsi, namun nangka juga memiliki kandungan gas yang dapat menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan, seperti perut kembung, buang gas terus menerus hingga diare. 

  1. Mangga Muda

Jika bunda ingin mengkonsumsi mangga saat berbuka puasa, ada baiknya bunda memilih mangga yang sudah matang. Mangga muda bisa menyebabkan masalah pada pencernaan apalagi bisa dikonsumsi saat perut kosong seharian. 

  1. Kedondong

Sama seperti buang mangga muda, buah kedondong bila dikonsumsi saat perut kosong akan menyebabkan masalah pencernaan. Apabila bunda sangat ingin mengkonsumsi kedondong ada baiknya bunda mengkonsumsi karbohidrat terlebih dahulu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *