Posted on Leave a comment

Sayur Tahan di Kulkas berapa lama sih?

sayur tahan di kulkas

Food photo created by freepik – www.freepik.com

Menyimpan sayur di kulkas adalah salah satu alternatif agar sayur bisa bertahan lebih lama. Namun sebenarnya berapa lama sayur tahan di kulkas? Berikut ini ulasan tentang berapa lama sayur tahan di kulkas.

Apakah bunda sudah tahu, berapa lama sih sayur tahan di kulkas. Ternyata setiap jenis sayur memiliki waktu berbeda-beda. Nah berikut ini Qebunku akan memberikan info berapa lama sayur tahan di kulkas dan bagaimana cara menyimpannya.

Umur setiap sayuran berbeda-beda

Umur setiap sayur untuk bertahan di kulkas memang berbeda-beda tergantung jenis sayurnya. Dikutip dari laman hellosehat.com berikut adalah umur sayuran di kulkas.

  1. Umur sayuran berdaun hijau di kulkas
Photo by CHUTTERSNAP on Unsplash

Sayuran berdaun hijau memang paling sering kita temui. Beberapa sayuran berdaun hijau contohnya kangkung, bayam, selada, kol dan lain-lain. 

Sebelum menyimpan sayur di kulkas, untuk sayuran berdaun hijau ini lebih baik di cuci terlebih dahulu. Setelah di cuci bersih, bunda bisa membungkus sayuran dengan tissu atau plastik bening terlebih dahulu. Dengan menggunakan cara ini, sayur bisa tahan di kulkas lebih lama. Selada bisa bertahan hingga 5 hari, kol bisa bertahan hingga satu minggu. 

  1. Umur sayuran hijau bukan daun di kulkas

Sayuran lain yang menjadi kegemaran keluarga pastinya sayuran hijau yang bukan daun. Jenis sayur ini, bisa tahan lebih lama saat di simpan di kulkas di banding jenis sayuran hijau yang memiliki daun. Hal ini karena bentuknya yang lebih padat. 

Untuk kubis bisa tahan di kulkas selama 5 hari, sedangkan brokoli, kol, kacang panjang bisa tahan di kulkas hingga satu minggu. 

Kecuali untuk asparagus. Sayur jenis ini hanya bertahan di kulkas selama 2-3 hari. 

Agar sayur jenis hijau bukan daun ini awet di kulkas, bunda bisa menggunakan cara yang sama untuk menyimpan sayur hijau yang memiliki daun. Yaitu bungkus terlebih dahulu dengan tissu atau plastik bening sebelum menyimpannya di kulkas. 

  1. Umur sayuran berbentuk buah di kulkas

Banyak sekali jenis sayuran ini, dan umur sayur jenis ini agar bisa tahan di kulkas juga sangat beragam. 

Untuk semua jenis paprika, bisa bertahan selama 5 hari. Kecuali untuk paprika hijau bisa bertahan sedikit lebih lama dibanding jenis lainnya yaitu sekitar satu minggu. 

Sayur seperti terung, mentimun bisa bertahan hingga 5 hari di dalam kulkas. Namun khusus tomat, bisa bertahan hingga 3 hari saja, dan jika tomat di simpan dalam ruangan dengan suhu ruang umurnya bisa sampai 5 hari. 

Nah bagaimana dengan lemon dan jeruk nipis? Lemon dan jeruk nipis rupanya memiliki daya tahan yang cukup lama, yaitu sekitar 3 minggu. 

  1. Umur sayuran umbi-umbian dan akar

Untuk jenis sayuran umbi dan akar, rupanya menyimpan di dalam kulkas tidak bisa membantu memperpanjang umurnya. Sayur jenis umbi dan akar akan lebih awet ketika disimpan di tempat yang sejuk, gelap, kering. Alternatifnya bunda bisa menyimpan sayur jenis ini di dalam keranjang atau lemari. 

  1. Umur sayuran batang dan rempah

Untuk jenis sayuran batang dan rempah, menyimpan sayur di dalam kulkas bisa menambah umur simpan dari sayuran tersebut. 

Daun kemangi dan daun bawang biasanya sayur ini tahan di kulkas hingga 3 hari. Untuk sayur peterseli dan daun mint, sayur ini tahan di kulkas hingga 5 hari. Sedangkan untuk seledri sayur jenis ini tahan di kulkas hingga 2 minggu. 

Beberapa jenis bawang juga ada yang bisa bertahan cukup lama di dalam kulkas. Seperti bawang merah, dapat disimpan di kulkas hingga 1 bulan. Sedangkan bawang putih dan bawang bombay dapat bertahan di kulkas hingga 2 bulan. Tipsnya adalah pastikan bawang mendapat sirkulasi udara yang lancar. 

baca juga : Resep Salah Sayur dan Buah Yang menyehatkan

Nah itu dia, jenis sayur dan umur simpan masing-masing sayur. Agar sayur tahan di kulkas berikut ini beberapa tips tambahan. 

  1. Sortir sayuran terlebih dahulu

Karena umur simpan setiap sayuran berbeda, ada baiknya setelah berbelanja sayur dan buah, bunda menyortir terlebih dahulu. Pisahkan berdasarkan jenis sayuran dan jangan mencampur antara sayur dan buah. 

Jangan lupa cek juga kondisi sayur, biasanya ada bagian sayur yang sudah menguning, pastikan untuk membuang bagian sayur yang sudah tidak segar. 

  1. Cuci dan keringkan sebelum disimpan

Setelah berbelanja, agar semua bakteri tidak terus menempel di sayuran, cuci sayur terlebih dahulu dengan air mengalir dan sabun. Setelah itu bunda bisa mengeringkan sayur-sayur tersebut terlebih dahulu sebelum akhirnya di simpan di dalam kulkas.

  1. Bungkus dengan kertas atau plastik berlubang

Rupanya menyimpan sayur dalam wadah tertutup tidak di anjurkan. Karena, tidak ada oksigen untuk bertahan. Maka dari itu, sebaiknya gunakan plastik yang memiliki lubang atau kertas untuk membungkus sayuran. 

  1. Usahakan menyimpang dalam bentuk utuh

Jika sayuran disimpan dalam bentuk yang tidak utuh, maka hal tersebut bisa memperpendek umur simpan dari sayuran, maka dianjurkan agar bunda menyimpan sayuran di dalam kulkas dalam bentuk utuh agar awet. 

  1. Periksa sayur secara berkala

Jangan lupa untuk mengecek kondisi sayuran setiap harinya. Segera buang bagian yang layu atau mulai menguning agar tidak mengkontaminasi bagian lainnya yang masih segar. 

Nah itu dia bunda, informasi tentang umur sayur tahan di dalam kulkas. Jangan lupa pastikan juga untuk selalu mengecek kondisi sayur ketika berbelanja. Dengan belanja sayur online di Qebunku, kami akan bantu bunda untuk selalu mengecek sayur yang bunda butuhkan, sehingga kami pastikan sayur yang bunda terima adalah sayuran pilihan terbaik. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *