Posted on Leave a comment

Tanaman Rempah ini Bisa Dijadikan Tanaman Hias

rempah untuk tanaman hias

Photo by Eleanor Chen on Unsplash

Bunda, seberapa banyak tanaman hias yang bunda miliki di rumah? Tanaman hias memang memiliki fungsi dekoratif untuk mempercantik rumah. Namun ternyata, tanaman hias bukan hanya bisa digunakan untuk mempercantik rumah saja. Ada banyak manfaat ketika kita menanam tanaman hias di rumah. 

Fungsi lain dari tanaman hias selain untuk mempercantik rumah adalah, untuk membawa nuansa positif. Dengan menatap tanaman hijau berjam-jam rupanya bisa membantu kita untuk menenangkan pikiran. 

Nah, selain untuk dekorasi rumah, menenangkan pikiran, rupanya ada juga tanaman yang biasa kita manfaatkan sebagai bumbu dapur, namun karena bentuknya yang estetik. Apa saja tanaman bumbu yang bisa digunakan untuk tanaman hias. Simak artikel qebunku di bawah ini. 

Buka hanya untuk bumbu, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk tanaman hias. 

Tanaman Daun Oregano

Oregano biasanya digunakan untuk masakan italia. Namun bunda juga pasti sering ya menggunakan rempah satu ini. Nah selain untuk bumbu masakan, rupanya oregano juga punya banyak manfaat untuk kesehatan juga lho. Salah satunya adalah untuk menurunkan kolesterol jahat. 

Daun oregano ini sepintas mirip daun basil. Nah selain itu wanginya juga khas. Bentuknya yang indah juga menjadikan oregano bisa bunda pilih sebagai tanaman hias juga. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari penuh. Sehingga tidak perlu menyiram tanaman oregano secara berlebih. 

Uniknya lagi dari oregano adalah, perbedaan iklim, tanah dan kelembaban bisa membuat rasa oregano berbeda-beda.

Mint

daun mint
Photo by Bon Vivant on Unsplash

Daun mint paling enak memang jika dikonsumsi bersama teh hitam. Bunda bisa menyajikan daun mint dengan teh baik panas maupun dingin tetap nikmat. Nah karena rasanya yang enak, sembari mengkonsumsi daun mint, bunda juga bisa menanam daun mint di rumah. Sehingga mint bisa berfungsi sekaligus sebagai tanaman hias.

Mint membutuhkan tanah yang selalu lembab. Sehingga jika diletakkan pada bagian rumah yang terkena sinar matahari cukup panas, bunda haru sering memberikan air pada tanaman ini. 

baca juga : Menu Diet Sehat untuk Kecantikan

Rosemary

rosemery

Kalau bunda sering makan masakan barat, pasti tidak asing dengan rempah yang bernama rosemary. Rosemary ini memiliki aroma yang cukup khas dan lezat. Rempah yang berasal dari mediterania ini cocok jika ditambahkan pada olahan daging sapi, ayam, seafood maupun domba.

Cara menanam tanaman rosemary pun tidak sulit. Jika bunda memilih rosemary sebagai salah satu tanaman hias di rumah, cukup tempatkan tanaman ini di bawah sinar matahari.setidaknya tanaman rosemary harus terpapar sinar matahari selama 6-8 jam setiap harinya. Ketika tanah tanaman ini benar-benar kering baru bunda bisa menambahkan air pada tanaman ini. Jadi tidak perlu sering-sering disiram air. 

Timi  (thyme)

thyme (timi)

Tanaman bumbu selanjutnya yang juga bisa bunda manfaatkan untuk tanaman rempah adalah timi (thyme). Selain memiliki banyak manfaat sebagai bumbu, merawat tanaman ini juga tidak susah. 

Timi (Thyme) merupakan salah satu jenis tanaman yang susah mati dan hanya membutuhkan perawatan sedikit. Tanaman yang memiliki aroma wangi ini bisa bertahan di tempat yang kering. 

Karena tanaman ini bisa tumbuh pada cuaca panas dan kering, bunda bisa meletakkan tanaman ini di pot gantung.

Sage

daun sage

Tanaman rempah selain memiliki manfaat untuk menambah rasa juga bisa menjadi alternatif tanaman hias yang memiliki cara perawatan yang cukup mudah. Sage salah satunya. Tanaman ini bukan hanya mudah cara merawatnya namun bentuk daunnya yang cantik juga bisa membuat tanaman ini cocok untuk dijadikan tanaman hias. 

Seperti sebagian besar jenis rempah, sage juga merupakan jenis tanaman yang tidak perlu sering disiram air. Namun kalau bunda mau menempatkan tanaman ini di dalam rumah, juga bisa. Tinggal tempatkan sage di area yang tetap terkena sinar matahari. 

Gimana bunda, bukan hanya bentuknya yang indah dan multifungsi, tapi tanaman rempah ini juga sangat mudah merawatnya. Apakah bunda tertarik untuk menghias rumah dengan tanaman di atas. Keuntungan lainnya adalah, kita tinggal memetik saja jika membutuhkan bumbu masakan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *